Pelaksanaan Yoga Anak untuk Meningkatkan Konsentrasi di TK Negeri Pembina Kaliwungu
Keywords:
Yoga Anak PrasekolahAbstract
Growth and development is a process that is experienced by individuals from fetus to adult. Yoga or Meditation is an alternative way that can stimulate gross motor skills so that children can get good growth. Destination Community service is to introduce children's yoga to the community, especially mothers who have preschool children so that mothers can provide stimulation for their children so that they can optimize their child's growth and development. Respondents who participated in this study were 6 teachers and children aged 4-6 years from the Kaliwungu State Kindergarten, Semarang Regency. Research implementation using the method of providing education and offline based yoga training. The media used in the form of sheets containing pictures and materials for children's yoga training. The research implementation consisted of pretest, material delivery, discussion, and posttest. Research result shows that in the pretest the results obtained 4 out of 6 teachers have less knowledge of child yoga. After being given information and training yoga for children, it was found that all respondents have good knowledge about yoga in children. Respondents are actively involved and have high enthusiasm during implementation. Based on the results community service, it can be concluded that there is an increase in knowledge and pose skills yoga for children after being given health education Directly.
Abstrak
Tumbuh kembang merupakan suatu proses yang dialami oleh individu dari janin hingga dewasa. Yoga atau meditasi merupakan suatu cara alternatif yang dapat menstimulasi motorik kasar sehingga anak dapat memperoleh tumbuh kembang yang baik. Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk memperkenalkan yoga anak kepada masyarakat terutama ibu yang mempunyai anak prasekolah agar ibu dapat memberikan stimulasi untuk anaknya sehingga dapat mengoptimlakan tumbuh kembang anak. Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah 6 guru dan anak usia 4-6 tahun yang berasal dari TK Negeri Pembina Kaliwungu Kabupaten Semarang. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode pemberian pendidikan dan pelatihan yoga berbasis luring. Media yang digunakan berupa lembar berisi gambar dan materi untuk pelatihan yoga anak. Pelaksanaan penelitian terdiri dari pretest, penyampaian materi, diskusi, dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretest diperoleh hasil 4 dari 6 guru memiliki pengetahuan yang kurang terhadap yoga anak. Setelah diberikan informasi dan pelatihan yoga untuk anak, didapatkan hasil bahwa seluruh responden memiliki pengetahuan yang baik tentang yoga pada anak. Responden terlibat aktif dan memiliki antusiasme tinggi selama pelaksanaan. Berdasarkan hasil pengabdian kepada masyarakat dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan dan ketrampilan pose yoga pada anak setelah diberikan pendidikan kesehatan Secara langsung.
References
Sudarmoko,Arif Di.(2013). Penanganan Wajib Kesehatan Balita. Yogyakarta : Gelar
Kaley-Isley, L., J.Peterson, C.Fischer and E.Peterson (2010). Yoga as a complementary therapy for children and adolescent: a guide for clinicians. Psychiatry.
Sindhu, Pujiastuti. (2014). Panduan Lengkap Yoga untuk Hidup Sehat dan Seimbang. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Susanto, Handy.(2006). Meningkatkan Konsentrasi Siswa Melalui Optimalisasi Modalitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 5(6), 46-51.