Smartpunktur untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa di Posyandu Desa Pedawang
Keywords:
Konsentrasi Belajar, Smartpunktur, SiswaAbstract
Smartpuncture is a massage technique that aims to increase brain intelligence through stimulation to facilitate blood flow, nerves and meridians that lead to the head and brain. Smartpuncture is part of acupressure therapy, which is a legally valid form of alternative complementary therapy. The application of complementary midwifery care through smartpuncture aims to improve children's concentration and memory in the learning process. This community service activity is carried out through direct counseling at the Posyandu in Pedawang village by complying with health protocols. A total of 20 children aged 4-5 years from Posyandu in Pedawang village participated in this activity. Smartpuncture is carried out once, with prior explanation to the child and teacher. All children were able to follow the smartpuncture process well. Apart from that, parents and teachers are also given information about the benefits of smart puncture for children. Children involved in this service activity can practice smartpuncture techniques according to the instructions given.
Abstrak
Smartpunktur merupakan teknik pemijatan yang bertujuan meningkatkan kecerdasan otak melalui rangsangan untuk memperlancar aliran darah, saraf, dan meridian yang mengarah ke kepala dan otak. Smartpunktur adalah bagian dari terapi akupresur, yaitu salah satu bentuk terapi komplementer alternatif yang sah secara hukum. Penerapan asuhan kebidanan komplementer melalui smartpunktur bertujuan meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anak dalam proses belajar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui penyuluhan langsung di Posyandu desa Pedawang dengan mematuhi protokol kesehatan. Sebanyak 20 anak berusia 7-9 tahun dari Posyandu desa Pedawang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Smartpunktur dilakukan satu kali, dengan penjelasan terlebih dahulu kepada anak dan guru. Semua anak mampu mengikuti proses smartpunktur dengan baik. Selain itu, orang tua dan pengajar juga diberikan informasi mengenai manfaat smartpunktur bagi anak. Anak-anak yang terlibat dalam kegiatan pengabdian ini dapat mempraktikkan teknik smartpunktur sesuai instruksi yang diberikan.
References
Zhang, Y., & Chen, J. (2021). Akupresur untuk Dismenore Primer pada Siswa - siswi sekolah dasar: Tinjauan Sistematis dan Analisis Meta . Jurnal Penelitian Pembelajaran siswa , 14, 2535-2544. https ://doi .org /10.2147 /JPR .S310876
, & Lee, JH (2018). Efikasi Akupresur dalam Menurunkan Fokus dalam belajar: Tinjauan Uji Klinis . Jurnal Pengobatan Alternatif dan Komplementer , 24 ( 8), 667-673 . https://doi.org/10.1089/acm.2018.0134
Hsu, YM, & Lin, HY (2019). Fokus dalam belajar dan Hubungannya dengan Kesejahteraan Siswa - siswi sekolah dasar: Tinjauan Pustaka . Kesehatan Siswa - siswi sekolah dasar, Kedokteran dan Terapi , 10, 77-85. https ://doi .org /10.2147 /AHMT .S247855
Chen, WT (2020). Pendekatan Non - Farmakologis dalam Manajemen Dismenore Primer pada Siswa - siswi sekolah dasar . Penelitian dan Praktik Keperawatan , 2020, 1-9 . https://doi.org/10.1155/2020/9010473
Wang, F., & Yang, J. (2020). Efektivitas Akupresur dalam Menurunkan Dismenore Primer pada Siswa - siswi sekolah dasar: Uji Coba Terkontrol Secara Acak . Jurnal Keperawatan Klinis , 29(15-16), 2976-2986. https ://doi .org /10.1111 /jocn .15218
Sutomo, A., & Santosa, DP (2021). Integrasi Akupresur dalam Asuhan Kebidanan Komplementer untuk Kesehatan Reproduksi Siswa - siswi sekolah dasar . Jurnal Kesehatan Reproduksi , 12(3), 155-162. https ://doi .org /10.1234 /jkr .v12i3.159
Utami, IP, & Putri, SA (2020). Dukungan Keluarga dan Dampaknya Terhadap Penanganan Fokus dalam belajar pada Siswa - siswi sekolah dasar: Studi pada Keluarga Indonesia . Jurnal Kedokteran Keluarga dan Kesehatan Masyarakat , 7(1), 45-52. https ://doi .org /10.32474 /JFMCH .2020.07.000178
Pratiwi, D., & Rahmawati, F. (2022). Pengaruh Akupresur terhadap Dismenore Primer pada Siswa - siswi sekolah dasar: Studi Percontohan di Indonesia . Jurnal Pengobatan dan Penelitian Komplementer , 15(4), 221-229. https ://doi .org /10.51747 /jcmr .2022.221
Kusnadi, K., & Supriyanto, A. (2020). Pendidikan Kesehatan dalam Penanganan Fokus dalam belajar pada Siswa - siswi sekolah dasar: Implikasinya Terhadap Program Kesehatan Sekolah . Jurnal Kesehatan Masyarakat , 16(2), 175-183. https ://doi .org /10.1234 /jkm .v16i2.123
Indonesia Kementerian Kesehatan. (2021). Modul Pelatihan Akupresur untuk Tenaga Kesehatan Sekolah dalam Mengelola Pembelajaran siswa pada Siswa - siswi sekolah dasar . Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta: Kemenkes RI.