Smartpunktur untuk Meningkatkan Kosentrasi dan Daya Ingat Anak Dalam Proses Belajar di TK Negeri Pembina Kaliwungu

Authors

  • Melna Universitas Ngudi Waluyo
  • Isri Nasifah Universitas Ngudi Waluyo
  • Indah Permata Sari Universitas Ngudi Waluyo
  • Anisak Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

Smartpunktur For Kids, Preschool

Abstract

Toddlers are children aged 1-5 years, while those aged above (6-12 years) are referred to as early school age children. Smartpuncture is a massage that educates the brain with a stimulation technique to smooth the flow of blood, nerves, and meridians leading to the head and brain (Wong, 2010). Smartpuncture is part of acupressure, where acupressure is one of the legal alternative complementary therapies. The legal basis is the Decree of the Minister of Health of the Republic of Indonesia No. 1109/Menkes/PER/IX/2007 concerning the implementation of alternative complementary medicine in health care facilities. (Sudijayana, 2012). To provide complementary Smartpuncture Midwifery Care to children to improve children's concentration and memory in the learning process. This community service activity was carried out through direct counseling at the Kaliwungu TK Pembina by implementing health protocols during the activity. The participants in this activity were 20 children aged 4-5 years who attended TK Pembina Kaliwungu. Smartpuntur was carried out once by explaining to the children and teachers. All children did smartpuncture well. Parents and teachers get information about smartpuntur for their children. Children who are selected to participate in community service can practice smartpuntur. Children can follow instructions from servants to do smartpuntur.

Abstrak
Balita adalah anak yang berusia 1-5 tahun, sedangka usia diatas (6-12) disebut sebagai anak usia awal sekolah. Smartpunktur merupakan pijat mencerdaskan otak dengan suatu teknik rangsangan untuk melancarkan aliran darah, syaraf, dan meridian yang menuju ke arah kepala dan otak (Wong, 2010). Smartpunktur merupakan bagian dari akupresur, dimana akupresur merupakan salah satu terapi komplementer alternative yang legal. Dasar hukumnya yakni, Permenkes RI no.1109/Menkes/PER/IX/2007 tentang penyelenggaraan pengobatan komplementer alternatif di fasilitas pelayanan kesehatan. (Sudijayana, 2012). Memberi Asuhan Kebidanan Komplementer Smartpunktur pada anak untuk meningkatkan konsentrasi serta daya ingat anak dalam proses belajar. Kegiatan Pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui penyuluhan langsung di TK Pembina Kaliwungu dengan menerapkan protocol kesehatan selama kegiatan berlangsung. Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 20 anak berusia 4-5 tahun yang bersekolah di TK Pembina Kaliwungu.Smartpuntur diakukan 1 kali dengan menjelaskan kepada anak dan guru.Semua anak melakukan smartpunktur dengan baik. Orang tua dan pengajar mendapatkan informasi tentang smartpuntur pada anak.Anak-anak yang terpilih mengikuti pengabdian kepada masyarakat dapat mempraktikkan smartpuntur.Anak-anak dapat mengikuti instruksi dari pengabdi untuk melakukan smartpuntur.

References

Sudarmoko,Arif Di.(2013). PenangananWajib Kesehatan Balita. Yogyakarta :Gelar

Wong, Ferry., E. Indraningsih. Smartpunktur. Jakarta: Penebar Plus, 2011.

Wong, Master. Jaripunktur: Pengobatan Terdahsyat. Jakarta, 2010.

Frost,Jo. Tanyakan pada supernanny : Solusi sang supernany terhadap 1001 persoalan Mendidik Anak.Bandung: Kaifa,2009.

Sadijayana,E.Sehat dari Kaki dan Tangan dengan Pijat Refleksi.Yogyakart: Cahaya Atma Pustaka,2012.

Sukanta,P.O.Pijat Akupresur untuk Kesehatan.jakarta:EGC,2012.

Downloads

Published

2022-07-25

How to Cite

Melna, Nasifah, I. ., Sari, I. P. ., & Anisak. (2022). Smartpunktur untuk Meningkatkan Kosentrasi dan Daya Ingat Anak Dalam Proses Belajar di TK Negeri Pembina Kaliwungu. Prosiding Seminar Nasional Dan CFP Kebidanan Universitas Ngudi Waluyo, 1(1), 438–442. Retrieved from https://callforpaper.unw.ac.id/index.php/semnasdancfpbidanunw/article/view/116