Yoga Anak untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar di Paud Ceria Desa Sruwen

Authors

  • Sang Ayu Putu Enjes Sita Universitas Ngudi Waluyo
  • Yuliance Kabak Universitas Ngudi Waluyo
  • Risma Aliviani Putri Universitas Ngudi Waluyo
  • Masruroh Universitas Ngudi Waluyo

Abstract

Childhood is a sensitive time.   At this time, all aspects of child development will later become the basis for further development. Children's abilities cannot just be present, there are processes or stages that must be passed. Stimulus from the environment is needed to support its development optimally, namely through a good parenting pattern.  Stimulus or support can have a positive impact on themselves and the child's environment, not only optimizing every aspect of development (Rakhmawati, D., Ismah, I., & Lestari, F. W. 2020). The goal to stimulate gross motor so that children can get good growth and development.  As expressed by Asana, yoga movements have benefits for the physical and psychological, among others, can strengthen the mind or concentration, train self-discipline, provide a relaxing effect and strengthen the body (Widya Sena, 2018). The means in this activity are cheerful early childhood children in Sruwen Village, the media used in this community service is power points and leaflets. The results of the activity were known that after being given counseling and children's yoga methods to increase learning concentration, the children experienced an increase, good knowledge was 8 children (72.7%) and enough as many as 30 children (27.3%). This shows that there is an increase in children's knowledge after being given counseling

 

Abstrak

Masa kanak-kanak   adalah   masa sensitif.   Pada   masa   ini, seluruh aspek perkembangan    anak    yang    nantinya    menjadi dasar bagi perkembangan selanjutnya. Kemampuan anak tidak dapat hadir begitu saja, ada proses atau tahapan yang harus dilalui.Diperlukan stimulus dari lingkungan untuk mendukung perkembangannya secara optimal, yaitu    melalui pola    pengasuhan    yang    baik.  Stimulus atau      dukungan dapat berdampak positif bagi diri dan lingkungan anak, tidak hanya mengoptimalkan setiap aspek perkembangan yang dilalui (Rakhmawati, D., Ismah, I., & Lestari, F. W. 2020). Tujuannya untuk menstimulasi motorikkasar sehingga anak dapat memperoleh tumbuh kembang yang baik.  Sesuai yang diungkapkan oleh Asana yaitu Gerakan -gerakan yoga memiliki manfaat bagi fisik maupun psikis antara lain, dapat menguatkan fikiran atau konsentrasi, melatih disiplin diri, memberikan efek rileksasi dan menguatkan tubuh (Widya Sena, 2018). Sarana dalam kegiatan ini adalah anak-anak paud ceria di desa sruwen, media yang digunakan dalam pengabdian masyarkat ini adalah power point dan leaflat. Hasil kegiatan diketahui bahwa sesudah diberi penyuluhan dan cara yoga anak terhadap peningkatan konsentrasi belajar, anka-anak mengalami peningkatan, pengetahuan baik sebanyak 8 anak (72,7%) dan cukup sebanyak 30 anak (27,3%). Hal ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan anak setelah diberikan penyuluhan

References

Aleksić Veljković A, Katanić B, Masanovic B. Effects of a 12-Weeks Yoga Intervention on Motor and Cognitive Abilities of Preschool Children. Front Pediatr. 2021 Nov 26;9:799226. doi: 10.3389/fped.2021.799226. PMID: 34926359; PMCID: PMC8675896.

Astuti, N. P. E dan Pradnyana, P. B. (2020). Praktik Yoga Asanas Dalam Meningkatkan Daya Kognitif Siswa Sebagai Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 9(5) ): 634-644.

Firdaus, R. A dan Pudjijuniarto. (2022). Pengaruh Pemberian Modifikasi Senam Yoga Terhadap Imitasi Motorik Kasar (Koordinasi Mata Dan Tangan) Pada Anak Penyandang Autis Mutiara Hati Sidoarjo. Jurnal Kesehatan Olah Raga, 10(2): 29-34.

Jarraya, S, Wagner, M, Jarraya, M, Engel, F,A. (2019).12 weeks of kindergarten-basedyoga practice increases visual attention, visual-motor precision and decreasesbehavior of inattention andhyperactivity in 5-year-old children.

Komitor, J.B., & Adamson, E. (2015).The Complete Idiot’s Guide to Yoga with Kids. USA:Alpha Books.

Laila, Tri Andini. (2016).Pengaruh Terapi Yoga Anak Terhadap PerubahanGangguanEmosional Pada Siswa SiswiDi Sdn 1Sukodadi Kecamatan WagirKabupatenMalang.

Maladi tina. (2020).Workshop Yoga For Edukasi, yoga forkidsjakarta

Ni Putu Astuti. (2020). Optimalisasi Keterampilan Fisik Motorik Kasar Anak Dengan Latihan Yoga Asana Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 4(5) : 926-936.

Sangadah, N dan Kusumastuti. (2019). Implementation of Yoga Gymes to Improve Students Concentration in Kindergaten of Muslimat Nahdlatul Ulama 32 Nurul Hikmah Jatimulyo Village Kebumen. 10(2): 539-545.

Sofiyanti, I dan Setyowati, H. (2021). Satu Bulan Penerapan Yoga Anak Meningkatkan Konsentrasi Belajar Usia Prasekolah. 4(2): 150-156.

UNICEF. (2020). Pesan dan Kegiatan Utama Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Sekolah. UNICEF. Available at: lbender@ unicef. org.

Wayan Ayumita Astrina. Yoga Asana Dalam Mengembangkan Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligances) Pada Anak Di Pendidikan Anak Usia Dini Pelangi Cakranegara. 1-12.

Widanti, H. N , Muthiah Munawwarah dan Abdurrasyid. Perbedaan Metode Hopscotch Dan Kids Yoga Dalam Meningkatkan Keseimbangan Berdiri Anak Down Syndrome. 9(10): 1-11.

Wirmayani, P dan Supriyadi. (2017). Pengaruh Yoga terhadap Kemampuan Konsentrasi Belajar Anak SD Negeri di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana. 4(2): 460-473.

Yulianti, Y dan Lestari, P. (2021). Perbedaan Metode Hopscotch Dan Kids Yoga Dalam Meningkatkan Keseimbangan Berdiri Anak Down Syndrome. 3(1) : 60-7.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Enjes Sita, S. A. P., Yuliance Kabak, Risma Aliviani Putri, & Masruroh. (2024). Yoga Anak untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar di Paud Ceria Desa Sruwen. Prosiding Seminar Nasional Dan CFP Kebidanan Universitas Ngudi Waluyo, 3(1), 721–727. Retrieved from https://callforpaper.unw.ac.id/index.php/semnasdancfpbidanunw/article/view/295