Yoga Anak untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar di TK Kuncup Mawar Ngarawan Getasan

Authors

  • Rika Aprillia Universitas Ngudi Waluyo
  • Ida Sofiyanti Universitas Ngudi Waluyo
  • Wahyu Kristiningrum Universitas Ngudi Waluyo
  • Adelia Natalia Bria Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

Children, yoga benefits

Abstract

The age of preschool children is the age range of 3-6 years with various characteristics, at this time children like to imagine believing that they have strength. Preschool-age children are in a golden period of human development because at that time physical and non-physical development develops rapidly. The golden period is the age of children when they are 0-5 years old, this period is a sensitive and critical period, where children are especially easy to receive stimuli. from its environment and is a period of brain development. Thus the golden age lies at an early age, to be able to stimulate the development of children's intelligence so that it can develop optimally to be a shared responsibility between teachers and parents at home. It is quite difficult for a child to be able to sit still for a long time and concentrate. So one of the things that can be done is with children's yoga. Several studies explain that yoga practice can help children to concentrate, regulate their breath, calm their minds with certain poses. This service is carried out in 4 stages, namely observing children's learning in the classroom, licensing to the school, carrying out activities, testimonials from teachers and children. This service aims to increase children's learning concentration and provide education to teachers at schools about children's yoga. The population of this service is kindergarten students, totaling 18 children. This activity uses leaflets and is carried out face-to-face at Kuncup Mawar Kindergarten. This community service activity had a good effect on students at Kuncup Mawar Kindergarten, Getasan District, Semarang Regency. It was seen from the testimonials that the children felt happy and enthusiastic about practicing yoga. The yoga that is practiced is the initial stage of yoga which concentrates on physical and mental exercise so that it can be useful in increasing learning concentration. Yoga practices can be carried out regularly to get optimal benefits.

Abstrak

Usia anak prasekolah adalah rentang usia 3-6 tahun dengan berbagai macam ciri, pada masa ini anak-anak senang berimajinasi percaya bahwa mereka memiliki kekuatan. Anak usia prasekolah berada dalam masa emas perkembangan manusia karena pada masa itu perkembangan fisik maupun nonfisik berkembang secara pesat.Masa emas adalah usia anak ketika berumur 0-5 tahun, masa ini merupakan periode sensitif dan kritis, dimana anak secara khusus mudah menerima stimulus-stimulus dari lingkungannya dan merupakan masa perkembangan otak.Dengan demikian masa emas (golden age) terletak pada usia dini, untuk mampu menstimulasi perkembangan kecerdasan anak agar dapat berkembang maksimal menjadi tanggung jawab bersama antara guru dan orang tua dirumah. Agak sulit untuk anak bisa duduk diam di waktu yang lama dan berkonsentrasi. Maka salah satu hal yang dapat dilakukan yaitu dengan yoga anak.Beberapa studi menjelaskan bahwa latihan yoga dapat membantu anak untuk berkonsentrasi, mengatur napas, menenangkan pikiran dengan pose-pose tertentu. Pengabdian ini dilaksanakan dalam 4 tahapan yaitu pengamatan pembelajaran anak di ruang kelas, perizinan kepada pihak sekolah, pelaksanaan kegiatan, testimoni dari guru dan anak. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak serta memberikan edukasi kepada guru di sekolah tentang yoga anak. Populasi dari pengabdian ini adalah siswa TK yang berjumlah 18 anak. Kegiatan ini menggunakan leaflet dan dilakukan secara tatap muka di TK Kuncup Mawar. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini  membawa efek yang baik bagi siswa di TK Kuncup Mawar Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang dilihat dari testimoni yang telah dilakukan anak-anak merasa senang dan penuh semangat melaksanakan yoga. Yoga yang dilakukan merupakan yoga  tahapan awal yang berkonsentrasi pada olah fisik dan pikiran sehingga dapat berguna dalam meningkatkan konsentrasi belajar. Praktik yoga dapat dilaksanakan secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

References

Acarya, A. A. (2013). Yoga untuk Kesehatan. Jakarta Barat: Persatuan Ananda Marga Indonesia.

Caleda, & J, B. (2014). Teaching Childrens Yoga Teacher's Guide First Edition. Yoga Ed Corp.

Chotimah, H. (2017). Pengaruh Terapi Yoga terhadap Konsentrasi Belajar Siswa SMPN 25 Kelas VII-VIII Malang. Undergraduate Thesis.

Erwiza, E. S. (2019). Fasctor Affecting the Concentration of Learning and Critical Thinking on Student Learning Achievement in Economic Subject. Journal of Educational Sciences, 205.

Febriana, S. H. (2016). Pengaruh Pemberian Stimulasi pada Pekembangan Anak Usia 12-36 Bulan di Kecamatan Sedayu, Bantul. Junal Ners dan Kebidanan Indonesia, 44-48.

Febriani, F. S. (2019). Pengembangan Permainan Pesan Berantai untuk Konsentrasi Anak di Kelompok A TK Kartika II-1 Palembang. Tumbuh Kembang.

Gunarta, K. (2017). Implementasi Pembelajaran Yoga dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar di Sekolah Dasar Negeri 1 Sumatera.

Hasanah, U. R. (2017). Efektivitas Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. International Conseling and Education Seminar, (pp. 143-48).

Hestiningrum, S. (2022). Panduan untuk TK Kolase dalam Motivasi Belajar. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Kertamuda, A. M. (2020). New Normal Parenting Pola Asuh Anak Sesuai Standar Terbaru dan Islami. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ketut, G. (2017). Implementasi Pembelajaran Yoga dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar di Sekolah Dasar Negeri 1 Sumatera.

Khotimah, S., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2021). Penerapan Media Gambar sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 676-685.

Komitor, J., & Adamson, E. (2015). The Complete Idiot's Guide to Yoga with Kids. USA: Alpha Books. USA.

Latifah, K. a. (2014). Hubungan Persepsi terhadap Keterampilan Guru Mengajar dengan Konsentrasi Belajar Siswa di Darul Karomah Randuagung Singosasri Malang. Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 15-22.

Maladi, T. (2018). Kartu Yoga Anak. Jakarta. Retrieved from Kids Yoga.

Miftahillah. (2017). Relasi Pendidikan Orang Tua dengan Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 5-6 Tahun di RA Kabupaten Pasuruan. Proceeding Ancoms, (pp. 920-31).

Nuryana, A. (2010). Aktiftas Brain Gym dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak. Indigenous, Ilmiah Berkala Pssikologi, 88-98.

Partini, E. P. (2018). Yoga Asanas sebagai Penunjang Konsentrasi Belajar Siswa. Jurnal Yoga dan Kesehatan, 166-171.

Sangadah, N., & Kusumastuti, K. (2019). Implementation of Yoga Gymes to Improve Student Concentration in Kindergaten of Muslimat Nahdlatul Ulama 32 Nurul Hikmah Jatimulyo Village Kebumen. Proceeding of The URECOL, (pp. 539-545).

Setiowati, S. (2021). Golden Age Parenting Periode Emas Tumbuh Kembang Anak. Malang: Media Nusa Creative.

Sofiyanti, I., & Setyowati, H. (2021). Peningkatan Konsentrasi Belajar dengan Yoga Anak. Indonesian Journal of Comunity Empowerment (IJCE).

Sofiyanti, I., & Setyowati, H. (2021). Satu Bulan Penerapan Yoga Anak Meningkatkan Konsentrasi Belajar Usia Prasekolah. Indonesian Journal of Midwifery.

Sofiyanti, I., & Setyowati, H. (2021). Satu Bulan Penerapan Yoga Anak Meningkatkan Konsentrasi Belajar Usia Prasekolah. Indonesian Journal of Midwifery, 101-104.

Sofiyanti, I., & Setyowati, H. (2023). Peningkatan Konsentrasi Belajar dengan Yoga Anak. Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE), 101-104.

Wirmayani, P., & Supriyadi. (2017). Pengaruh Yoga terhadap Kemampuan Konsentrasi Belajar Anak SD Negeri di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 460-473.

Wirmayani, P., & Supriyadi. (2017). Pengaruh Yoga terhadap Kemampuan Konsentrasi Belajar Anak SD Negeri di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana.

Wirmayani, P., & Supriyadi. (2017). Pengaruh Yoga terhadap Kemampuan Konsentrasi Belajar Anak SD Negeri di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana.

Zulfajri, Muhibullah, M., Nur, S. M., Wahyuni, A., U, W., & R, W. (2021). Pendidikan Anak Prasekolah. Tasikmalaya: EDU Publisher.

Downloads

Published

2023-08-11

How to Cite

Aprillia, R., Ida Sofiyanti, Wahyu Kristiningrum, & Adelia Natalia Bria. (2023). Yoga Anak untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar di TK Kuncup Mawar Ngarawan Getasan. Prosiding Seminar Nasional Dan CFP Kebidanan Universitas Ngudi Waluyo, 2(1), 105–114. Retrieved from https://callforpaper.unw.ac.id/index.php/semnasdancfpbidanunw/article/view/360