Literatur Review: Macam-macam Permainan Sensory Play untuk Meningkatkan Motorik Anak

Authors

  • Erna Rahayu Universitas Ngudi Waluyo
  • Nur Indah Sari Universitas Ngudi Waluyo
  • Reni Saputri Universitas Ngudi Waluyo
  • Kharisma Mutiara Dewi Universitas Ngudi Waluyo
  • Putri Rahmawati Universitas Ngudi Waluyo
  • Meisinta Vika Putri Universitas Ngudi Waluyo
  • Ida Sofiyanti Universitas Ngudi Waluyo

Abstract

Sensory Play is an activity carried out outside the classroom to encourage children to use one or more of the senses, developing sensory management, sensory play, sensory path, sensory play box, squishy pop up, magic sand, play dough, sensory wall number, sensory carpet , fun sensory learning. and so on. The benefits of sensory play are: learning will be more fun than just studying in the classroom, learning will become more real because various learning objects can be seen and even felt directly, learning will be clear and interesting, the learning process will be more interactive because with media communication will occur. active direction, whereas without media teachers tend to talk in one direction, improve the quality of children's learning outcomes, train children's brain development, help develop language, gross fine motor skills, cognitive and social emotional. The method used in preparing this research is Literature Review by analyzing a predetermined number of articles. This research consists of 12 articles which will be analyzed using article selection techniques using article criteria used in accordance with the research objectives. The results of the Literature Review show that the aim of this Literature Review is to find out various types of sensory games to improve motor skills in children. Overall, the 12 articles show that sensory games can improve children's motor skills. Conclusion Based on the results of the Literature Review of the 12 articles, the interventions carried out to improve children's motor skills are sensory path, sensory play box, squishy pop up, magic sand, play dough, sensory wall number, sensory carpet, and fun sensory learning.

 

Abstrak

Sensory play merupakan kegiatan  yang  dilakukan  diluar  kelas  untuk  mendorong  anak -anak menggunakan  salah  satu  indra  atau  lebih,  pengembangan manajemen sensorik, sensory play, sensory path, sensory play box, squishy pop up, pasir ajaib, play dough, sensory wall number, sensory carpet, fun sensory learning. dan   lain    sebagainy. manfaat dari sensory play yaitu : pembelajaran akan berjalan lebih menyenangkan dibandingkan hanya belajar di dalam kelas,  pembelajaran menjadi lebih nyata karena berbagai objek pembelajarannya dapat dilihat bahkan dirasakan langsung, pembelajaran menjadi jelas dan menarik,  Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif karena dengan media akan terjadinya komukasi dua arah secara aktif, sedangkan tanpa media guru cenderung bicara satu arah, Meningkatkan kualitas hasil belajar anak, Melatih perkembangan otak anak,  membantu perkembangan bahasa, motorik halus kasar, kognitif, dan social emosional. Metode yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini yaitu Literature Review dengan menganalisis sejumlah artikel yang telah ditentukan. Penelitian ini terdiri dari 12 artikel yang akan di analisis dengan teknik penyeleksian artikel dengan menggunakan kriteria artikel yang digunakan sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil Literature Review menunjukkan bahwa Tujuan dilakukan Literature Review ini untuk mengetahui macam – macam permainan sensory untuk meningkatkan motorik pada anak. Dilihat secara keseluruhan dari 12 artikel tersebut menunjukkan bahwa permainan sensory dapat meningkatkan motorik pada anak. Kesimpulan Berdasarkan hasil Literature Review dari 12 artikel tersebut, intervensi yang dilakukan untuk meningkatkan motorik anak adalah sensory path, sensory play box, squishy pop up, pasir ajaib, play dough, sensory wall number, sensory carpet, dan fun sensory learning

References

Ainun Munzilin, I., Widiyanita Batubara, R., Fauziyah, N., & Rahmad Rahim, A. (2021). “Sensory Play” Di Kb Puspa Giri Indro. Journal of Community Service, 3(1), 647–657.

Anak, P. (2017). 1,2,3,4). 1(2).

Ftik, I., & Pekalongan, I. (2022). Se N Sory Play A N D Brai N Gym At Ceria Playdate School Purwakarta 2022 Annisa Purwani 1 , Resti Hasby Laelillah 2 ,. 742–751.

Gusti Ayu Putu Widiasih Andari, I. M. G. A. (2023). Accepted: June 27. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 312–323.

Julianti, A. P., Salsabila, A., Artanti, F., Chairunnisa, F., & Aulia, M. (2023). Implementasi Kegiatan “Fun Sensory Learning” Untuk Anak Usia 1-2 Tahun Di Panti Yayasan Mansyaul Ihsan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 3(2), 129–137. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i2.2446

Kasmini. (2012). Pemanfaatan Media Play Dough untuk Meningkatkan Kreativitas pada Anak Kelompok B di TK Kurnia SIMO Tambaan Surabaya. 1–13.

Putri, L. H. (2023). Penerapan Metode Bermain Sensory Wall Number untuk Meningkatkan Kognitif dan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di Unisba Preschool Kota Bandung. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education, 3(1), 31–36. https://doi.org/10.29313/bcsecte.v3i1.8118

Risyani, Munawaroh, & Jumini. (2020). Permaian Portable Sensory Path Untuk Meningkatan Tumbuh Kembang Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak. Repository FITK UNSIQ, 10.

Rosiyanah, R., Yufiarti, Y., & Meilani, S. M. (2020). Pengembangan Media Stimulasi Sensori Anak Usia 4-6 Tahun Berbasis Aktivitas Bermain Tujuh Indera. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 941–956. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.758

Umah, K. K., & Rakimahwati, R. (2021). Perkembangan Kreativitas Anak Melalui Permainan Pasir Ajaib di Taman Kanak-kanak. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 28–36. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.86

Wahidah, A. S., & Sulistyani, I. (2022). Penerapan Alat Permainan Edukatif Sensory Path Dalam Meningkatkan Aspek Perkembangan Kognitif Anak Kelompok a (Usia 4-5 Tahun) Di Tk Pgri 3 Ngawi Ds. Mangunharjo Kec. Ngawi Kab. Ngawi. Kurikula : Jurnal Pendidikan, 7(1), 25–40. https://doi.org/10.56997/kurikula.v7i1.710

Wahyuningtyas, D. P., & Roziah, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sensory Carpet Untuk Pemahaman Panca Indera Anak Usia 1-2 Tahun. Preschool, 1(2), 119–132. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i2.9151

Downloads

Published

2023-11-28

How to Cite

Rahayu, E., Nur Indah Sari, Reni Saputri, Kharisma Mutiara Dewi, Putri Rahmawati, Meisinta Vika Putri, & Ida Sofiyanti. (2023). Literatur Review: Macam-macam Permainan Sensory Play untuk Meningkatkan Motorik Anak. Prosiding Seminar Nasional Dan CFP Kebidanan Universitas Ngudi Waluyo, 2(2), 864–876. Retrieved from https://callforpaper.unw.ac.id/index.php/semnasdancfpbidanunw/article/view/513