Asuhan Kebidanan Komprehensif pada Ny. P Umur 26 Tahun G2P1A0 di Wilayah Kerja PMB Mugi Musrianah Amd.Keb

Authors

  • Tesa Dwiputri Rahmadhani Universitas Ngudi Waluyo
  • Cahyaningrum Universitas Ngudi Waluyo

Abstract

Pregnancy, childbirth, postpartum and newborn babies are physiological conditions, but there are times when the process does not run smoothly, there is the possibility of experiencing a situation that threatens the life of the mother and baby and even causes death. So the government's efforts to reduce MMR and IMR are by improving comprehensive and high quality health services for mothers and babies, within the scope of midwifery, namely providing comprehensive midwifery care (continuity of care). The method used in comprehensive care for pregnant, maternity, postpartum, BBL and family planning women is a descriptive research method and the type of descriptive research used is a case study (Case Study). Based on the results of Continuity of Care-based case studies carried out from pregnancy to family planning counseling. It was found that midwifery care for Mrs. "P" during pregnancy, childbirth, postpartum, newborn, and family planning had been carried out according to theory and there were no gaps. Comprehensive midwifery care has been carried out on Mrs. P 26 years old from pregnancy, childbirth, postpartum, and newborns and family planning, the results show that the management is in accordance with theory and fact.

 

Abstrak

Kehamilan, persalinan, nifas dan bayi baru lahir merupakan suatu keadaan yang fisiologis, namun ada kalanya proses itu tidak berjalan lancar, terdapat kemungkinan mengalami suatu keadaan yang mengancam jiwa ibu dan bayi bahkan menyebabkan kematian. Maka upaya pemerintah untuk menurunkan AKI dan AKB adalah dengan cara meningkatkan pelayanan kesehatan yang bersifat menyeluruh dan bermutu tinggi kepada ibu dan bayi, dalam lingkup kebidanan adalah melakukan asuhan kebidanan sacara komprehensif (continuity of care). Metode yang digunakan dalam asuhan komprehensif pada ibu hamil, bersalin, nifas, BBL dan KB ini adalah metode penelitian deskriptif dan jenis penelitian deskriptif yang digunakan adalah studi penelaahan kasus (Case Study). Berdasarkan hasil studi kasus berbasis Continuity of Care yang dilaksanakan mulai kehamilan sampai konseling KB. Didapatkan hasil bahwa asuhan kebidanan pada Ny “P” selama masa kehamilan, persalinan, nifas, bayi baru lahir, dan keluarga berencana telah dilakukan sesuai teori dan tidak ada kesenjangan. Telah dilakukan asuhan kebidanan secara komprehensif pada Ny. P Umur 26 Tahun dari kehamilan, persalinan, nifas, dan bayi baru lahir dan KB didapatkan hasil bahwa penatalaksanaan sudah sesuai secara teori dan fakta.

References

Diana, Sulis. 2017. Model asuhan Kebidanan Continuity Of Care. Surakarta: CV Kekata Group

Dinkes Jateng (2023). Profil Kesehatan Jawa Tengah 2022. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah

Dinkes Jabar (2019). Profil Kesehatan Jawabarat 2019. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat

Dinkes Kab. Semarang (2021). Profil Kesehatan Kabupatan Semarang 2020. Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang.

Febrianti, Dkk. 2019. Praktik Klinik Kebidanan I. Yogyakarta : PT Pustaka Baru Press

Heryani, Reni. 2019. Buku Ajar Suhan Kebidanan Neonatus, Bayi, Balita Dan Anak Prasekolah. Jakarta Timur : CV Trans Info Medika.

Kemenkes RI. 2020. Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonnesia

Kemenkes RI. 2018. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Jakarta: Katalog Dalam Terbitan

Maryunani, A., 2015. Asuhan Ibu Nifas & Asuhan Ibu Menyusui. Bogor: In MEDIA

Downloads

Published

2023-11-28

How to Cite

Rahmadhani, T. D., & Cahyaningrum. (2023). Asuhan Kebidanan Komprehensif pada Ny. P Umur 26 Tahun G2P1A0 di Wilayah Kerja PMB Mugi Musrianah Amd.Keb. Prosiding Seminar Nasional Dan CFP Kebidanan Universitas Ngudi Waluyo, 2(2), 1034–1041. Retrieved from https://callforpaper.unw.ac.id/index.php/semnasdancfpbidanunw/article/view/525