Efektivitas Yoga Anak pada Anak Prasekolah

Authors

  • Jumilah Fitriana Universitas Ngudi Waluyo
  • Nova Oktaviani Universitas Ngudi Waluyo
  • Rika Aprillia Universitas Ngudi Waluyo
  • Ryan Nabela Maha Rani Universitas Ngudi Waluyo
  • Ida Sofiyanti Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

Children, Yoga, Benefits

Abstract

Preschool children are children who are experiencing growth and development. Infancy is an important period in the process of human growth and development. Toddler is a general term for children aged 1-3 years (toddlers) and preschoolers (3-5 years). Factors that influence growth and development are nurturing environment, stimulation, and nutrition. The ability of children's growth and development requires stimulation in order to develop optimally and according to their age. One effort to stimulate children so that growth and development disorders do not occur is by using children's yoga. Yoga is a comprehensive health system that was formed from ancient Indian culture since 300 BC. Yoga is a holistic science for development both physically, mentally and spiritually. Yoga includes both physical (asana) and mental (meditation) exercises. Children's yoga has many benefits. The purpose of this literature review is to find out the benefits of yoga for preschoolers. The research method used in this study is a literature review. The article search was carried out on Google Scholar and Pubmed with the keywords children's yoga for preschoolers. The selected articles are Indonesian and English articles published from 2017 to 2022 in ten journals that can be accessed in full text in pdf format. The results showed that the benefits of yoga for children were to increase learning concentration, cognitive abilities, gross motor skills, emotional intelligence, and body balance.

Abstrak
Anak prasekolah adalah anak yang sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Masa balita merupakan periode penting dalam proses tumbuh kembang manusia. Balita adalah istilah umum bagi anak usia 1-3 tahun (batita) dan anak prasekolah (3-5 tahun). Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan yaitu lingkungan pengasuhan, stimulasi, dan gizi. Kemampuan tumbuh kembang anak memerlukan stimulasi agar berkembang secara optimal dan sesuai umurnya. Salah satu upaya untuk melakukan stimulasi pada anak agar tidak terjadi gangguan pertumbuhan dan perkembangan yaitu dengan menggunakan yoga anak. Yoga adalah sistem kesehatan menyeluruh yang terbentuk dari kebudayaan India kuno sejak 300 SM .Yoga adalah ilmu holistic untuk pengembangan baik secara fisik, mental, dan spiritual. Yoga mencangkup latihan fisik (asana) dan pikiran (meditasi). Yoga anak memiliki banyak manfaat. Tujuan literature review ini adalah mengetahui manfaat yoga anak prasekolah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah literature review. Penulusuran artikel dilakukan pada Google Scholardan Pubmed dengan kata kunci yoga anak untuk anak prasekolah. Artikel yang dipilih adalah artikel berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris yang dipublikasikan sejak tahun 2017 sampai dengan 2022 sebanyak sepuluh jurnal yang dapat diakses fulltext dalam format pdf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat yoga anak yaitu meningkatkan konsentrasi belajar, kemampuan kognitif, kemampuan motorik kasar, kecerdasan emosional, dan keseimbangan tubuh.

References

Acarya, Avadhutika Anandamitra. (2013). Yoga Untuk Kesehatan,Jakarta Barat: Persatuan Ananda Marga Indonesia.

Aleksić Veljković A, Katanić B, Masanovic B. Effects of a 12-Weeks Yoga Intervention on Motor and Cognitive Abilities of Preschool Children. Front Pediatr. 2021 Nov 26;9:799226. doi: 10.3389/fped.2021.799226. PMID: 34926359; PMCID: PMC8675896.

Astuti, N. P. E dan Pradnyana, P. B. (2020). Praktik Yoga Asanas Dalam Meningkatkan Daya Kognitif Siswa Sebagai Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 9(5) ): 634-644.

Butzer, B., Day, D., Potts, A., Ryan, C., Coulombe, S., Davies, B., et al. (2014). Effects of a Classroom-Based Yoga Intervation on Cortisol and Behavior in Second-and Third-Grade Students: A Pilot Study. Journal ofEvidence-Based Complementary & Alternative Medicine.

Chidananda, S.S. (1984). The Philosophy, Psychology And Practice Of Yoga. India:The Divine Life Society.

Chotimah, Husnul. (2017). Pengaruh Terapi Yoga Terhadap konsentrasi Belajar Siswa SMPN 25 Kelas VII-VIII Malang. Undergraduate Thesis. University Of Muhammadiyah Malang.

Departemen Pendidikan Indonesia (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Febrina Suci Hati, Prasetya Lestari. (2016). Pengaruh Pemberian Stimulasipada Perkembangan Anak Usia 12-36 Bulan di Kecamatan Sedayu, Bantul. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia, Vol 4 no 1, Hal 44-48. Yogjakarta, 2016

Firdaus, R. A dan Pudjijuniarto. (2022). Pengaruh Pemberian Modifikasi Senam Yoga Terhadap Imitasi Motorik Kasar (Koordinasi Mata Dan Tangan) Pada Anak Penyandang Autis Mutiara Hati Sidoarjo. Jurnal Kesehatan Olah Raga, 10(2): 29-34.

Jarraya, S, Wagner, M, Jarraya, M, Engel, F,A. (2019).12 weeks of kindergarten-based yoga practice increases visual attention, visual-motor precision and decreases behavior of inattention and hyperactivity in 5-year-old children.

Komitor, J.B., & Adamson, E. (2015). The Complete Idiot’s Guide to Yoga with Kids. USA: Alpha Books.

Laila, Tri Andini. (2016).Pengaruh Terapi Yoga Anak Terhadap PerubahanGangguan Emosional Pada Siswa SiswiDi Sdn 1 Sukodadi Kecamatan WagirKabupaten Malang.

Maladi tina. (2020).Workshop Yoga For Edukasi, yoga forkidsjakarta.

Nia Kani. (2006). “Stimulasi Tumbuh Kembang Anak” Bandung, 11 Maret.

Ni Putu Astuti. (2020). Optimalisasi Keterampilan Fisik Motorik Kasar Anak Dengan Latihan Yoga Asana Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 4(5) : 926-936.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2014 tentang Pemantauan pertumbuhan, perkembangan, dan gangguan tumbuh kembang.

Riskesdas 2018, https://www.litbang.kemkes.go.id/hasil-utama-riskesdas-2018/.

Sangadah, N dan Kusumastuti. (2019).Implementation of Yoga Gymes to Improve Students Concentration in Kindergaten of Muslimat Nahdlatul Ulama 32 Nurul Hikmah Jatimulyo Village Kebumen.10(2): 539-545.

Sindhu, Pujiatuti. 2013. Panduan LengkapYoga: Untuk Hidup Sehat danSeimbang. Bandung. PT. Mizan Pustaka.

Sofiyanti, I dan Setyowati, H. (2021). Satu Bulan Penerapan Yoga Anak Meningkatkan Konsentrasi Belajar Usia Prasekolah. 4(2): 150-156.

Surya, Hendra. (2009). Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta, Indonesia: Elex Media Computindo.

Susanto, Handy. (2006). Meningkatkan Konsentrasi Siswa Melalui Optimalisasi Modalitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 5(6), 46-51.

Sutomo, B. dan Anggraini, D.Y. (2010). Menu Sehat Alami Untuk Balita & Batita. Jakarta : PT. Agromedia Pustaka.

Wayan Ayumita Astrina. Yoga Asana Dalam Mengembangkan Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligances) Pada Anak Di Pendidikan Anak Usia Dini Pelangi Cakranegara. 1-12.

Widanti, H. N , Muthiah Munawwarah dan Abdurrasyid. Perbedaan Metode Hopscotch Dan Kids Yoga Dalam Meningkatkan Keseimbangan Berdiri Anak Down Syndrome. 9(10): 1-11.

Wirmayani, P dan Supriyadi. (2017). Pengaruh Yoga terhadap Kemampuan Konsentrasi Belajar Anak SD Negeri di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana. 4(2): 460-473.

Yulianti, Y dan Lestari, P. (2021). Perbedaan Metode Hopscotch Dan Kids Yoga Dalam Meningkatkan Keseimbangan Berdiri Anak Down Syndrome. 3(1) : 60-7.

Downloads

Published

2022-07-08

How to Cite

Fitriana, J. ., Oktaviani, N. ., Aprillia, R. ., Rani, R. N. M. ., & Sofiyanti, I. . (2022). Efektivitas Yoga Anak pada Anak Prasekolah. Prosiding Seminar Nasional Dan CFP Kebidanan Universitas Ngudi Waluyo, 1(1), 1–13. Retrieved from https://callforpaper.unw.ac.id/index.php/semnasdancfpbidanunw/article/view/55