Implementasi Asuhan Kebidanan Komunitas di Kelurahan Genuk Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang

Authors

  • Suci Rohandayani Universitas Ngudi Waluyo
  • Malisa Universitas Ngudi Waluyo
  • Yusfani Oktafiana Universitas Ngudi Waluyo
  • Kurnia Dwi Pratiwi Universitas Ngudi Waluyo
  • Ratutriya Universitas Ngudi Waluyo
  • Putri Cahya Universitas Ngudi Waluyo
  • Restika Lelung Universitas Ngudi Waluyo
  • Moneca Diah Listianingsih Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

peningkatan pengetahuan ibu, yoga anak, optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan

Abstract

A community is a collection of people who have at least one of the same characteristics such as geography, occupation, ethnicity, interests and others. Growth is a process of change characterized by an increase in physical size and body shape that can be assessed through measurements of height, weight, and head circumference. Development is a development that occurs in various aspects of a child. The aspects that develop include cognitive, motor, physical, language and speech, psychosexual and independence aspects. One of the contraction and creative ways to train children to regulate breathing patterns and physical activity can provide many benefits for growth and development. Yoga is an activity that does not give wrong or correct judgments but as a fun activity for children. The implementation method used in this community service is health counseling and demonstration about children's yoga to the target of toddlers and mothers of toddlers in Genuk Village RT.01/RW.03 Ungaran District, Semarang Regency. Implementation on May 31, 2024. The participants of this counseling activity were toddlers and mothers of toddlers totaling 15 people. The activity is carried out in stages (1) providing an explanation of the purpose of the activity; (2) distributing pre-tests to target mothers under five years old; (3) providing health counseling on "increasing maternal knowledge about children's yoga for optimal growth and development"; (4) conducting children's yoga demonstrations; (5) providing opportunities for the target to ask questions; (6) distributing post-tests to target mothers under five years. The activity showed that there was an increase in adolescent knowledge about adolescent healthy lifestyles, breastfeeding mothers regarding strengthening maternal nutrition during breastfeeding, toddler mothers about children's yoga for growth and development optimization after counseling on adolescent health and education, breastfeeding mothers and toddler mothers. Then conduct a children's yoga demonstration to optimize growth and development.  Conclusion: after this community activity was carried out, there was an increase in the community, especially adolescents, breastfeeding mothers and mothers under five about counseling on healthy lifestyle for adolescents, strengthening maternal nutrition during breastfeeding, and counseling on children's yoga as well as conducting children's yoga demonstrations.

 

Abstrak

Komunitas adalah kumpulan orang yang memiliki karkteristik minimal satu karakteristik yang sama seperti geografis, pekerjaan, etnik, minat dan lain-lainnya. Pertumbuhan adalah proses perubahan yang ditandai dengan bertambahnya ukuran fisik dan bentuk tubuh yang dapat dinilai melalui pengukuran tinggi badan, berat badan, dan lingkar kepala. Perkembangan merupakan perkembangan yang terjadi pada berbagai aspek yang ada pada diri seorang anak. Aspek-aspek yang berkembang meliputi aspek kognitif, motorik, fisik, bahasa dan bicara, psikoseksual dan kemandirian anak. Salah satu cara kontraksi dan kreatif untuk melatih anak mengatur pola nafas dan aktivitas jasmani yang bisa memberikan banyak manfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan. Yoga merupakan aktifitas yang tidak memberikan penilaian salah atau benar tapi sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan untuk anak.  Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah penyuluhan kesehatan dan demonstrasi tentang yoga anak kepada sasaran balita da ibu balita di Kelurahan Genuk RT.01/RW.03 Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang. Pelaksanaan pada 31 Mei 2024. Peserta kegiatan penyuluhan ini adalah balita dan ibu balita yang berjumlah 15 orang. Kegiatan dilakukan dengan tahapan (1) memberikan penjelasan tentang tujuan dilakukannya kegiatan; (2) membagikan pre-test kepada sasaran ibu balita; (3) memberikan penyuluhan kesehatan tentang “peningkatan pengetahuan ibu tentang yoga anak untuk optimalisasi pertumbuhan dan pekembangan”; (4) melakukan demonstrasi yoga anak; (5) memberikan kesempatan sasaran untuk bertanya; (6) membagikan post-test kepada sasaran ibu balita.  Kegiatan menunjukan ada peningkatan pengetahuan remaja mengenai pola hidup sehat remaja, ibu menyusui mengenai penguatan gizi ibu selama menyusui, ibu balita mengenai yoga anak untuk optmalisasi pertumbuhan dan perkembangan setelah dilakukan penyuluhan keseharan dan edukasi remaja, ibu menyusui dan ibu balita. Kemudian melakukan demontrasi yoga anak untuk optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan. Setelah dilakukan kegiatan komunitas ini terdapat peningkatan masyarakat khususnya remaja, ibu menyusui dan ibu balita tentang penyuluhan pola hidup sehat remaja, penguatan gizi ibu selama menyusui, dan penyuluhan yoga anak serta melakukan demonstrasi yoga anak.

References

Ceria, Inayati, and Puspito Panggih Rahayu. 2023. “Perbedaan Perkembangan Personal Sosial Pre Dan Post Pemberian Stimulasi Yoga Kids Pada Anak Pra Sekolah Differences in Personal Social Development Pre and Post Providing Yoga Kids Stimulation to Pre-School Children.” 5(2):125–32.

Dian Ayuningrum, Lia, Anafrin Yugistyowati, Program Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan, Fakultas Ilmu-Imu Kesehatan, Universitas Alma Ata, Program Studi DIII Kebidanan, and Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan. 2024. “Manfaat Yoga Dalam Perkembangan Anak: Literature Review.” MEDICAL JOURNAL OF AL-QODIRI Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan 9(1):11–19.

Fitriana, Jumilah, Nova Oktaviani, Rika Aprillia, Ryan Nabela Maha Rani, and Ida Sofiyanti. 2022. “Efektivitas Yoga Anak Pada Anak Prasekolah.” Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Kebidanan 1(1):1–13.

Khotijah, Agel Noer, Hapsari Windayanti, Aviva Nurviana, Dita Murtika Sari, and Merlina Dewi Safitri. 2021. “Penerapan Yoga Anak Untuk Anak Pra Sekolah.” Prosiding Seminar Nasional Kebidanan 1–7.

Marselina, Feny, Ida Sofiyanti, Siti Aisyah, Vivin Mustikawati, Kebidanan Program Sarjana, Universitas Ngudi Waluyo, Pendidikan Profesi Bidan, Universitas Ngudi Waluyo, Kebidanan Program Sarjana, Universitas Ngudi Waluyo, Kebidanan Program Sarjana, Universitas Ngudi Waluyo, Kebidanan Program Sarjana, Universitas Ngudi Waluyo, Article Info, and Article History. 2022. “Yoga Anak Untuk Edukasi Di TK As Solihah Bawen Semarang.” Seminar Nasional Dan Call for Paper Kebidanan Universitas Ngudi Waluyo 165–71.

RI, Kemenkes. 2018. “BUKU AJAR ASUHAN KEBIDANAN ‘ASUHAN KEBIDANAN KOMUNITAS.’” Analytical Biochemistry 11(1):1–5.

Siti, Cholifa, and Purwanti Yanik. 2019. Buku Ajar Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Komunitas.

Sofiyanti, Ida, Robiyatul Adawiyah, Maya Agustia Pratiwi, Nurul Aulia Wardani, Indri Tri Rezeki, and Yuspida Yulianti. 2020. “Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Di Masa Pandemi.” In Call for Paper Seminar Kebidanan 1(1):26–34.

Sofiyanti, Ida, and Heni Setyowati. 2023. “Peningkatan Konsentrasi Belajar Dengan Yoga Anak.” Indonesian Journal of Community Empowerment (Ijce) 5(1):101–4. doi: 10.35473/ijce.v5i1.2340.

Yulianti, Yuspida, and Puji Lestari. 2021. “PENGARUH TERAPI YOGA ANAK DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK PRASEKOLAH DI TK PRINTIS GERES.” Journal Of Holistics and Health Sciences 3(1):60–71.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Suci Rohandayani, Malisa, Oktafiana, Y., Kurnia Dwi Pratiwi, Ratutriya, Putri Cahya, Restika Lelung, & Listianingsih, M. D. (2024). Implementasi Asuhan Kebidanan Komunitas di Kelurahan Genuk Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang. Prosiding Seminar Nasional Dan CFP Kebidanan Universitas Ngudi Waluyo, 3(1), 313–321. Retrieved from https://callforpaper.unw.ac.id/index.php/semnasdancfpbidanunw/article/view/706