Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Kenakalan pada Remaja

Authors

  • Trianingsih Universitas Ngudi Waluyo
  • Hapsari Windayanti Universitas Ngudi Waluyo
  • Silvie Nurbaeni Universitas Ngudi Waluyo
  • Fitriyatul Munawaroh Universitas Ngudi Waluyo
  • Agustin Dwiningrum Universitas Ngudi Waluyo
  • Vidya Efliliana Universitas Ngudi Waluyo
  • Asmanah Universitas Ngudi Waluyo
  • Domingas Da Costa Universitas Ngudi Waluyo
  • Yuni Frischila Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Kenakalan Pada Remaja

Abstract

Juvenile delinquency is a topic that never escapes our society. Juvenile delinquency is one of the problems that has a big impact on the future, because adolescents are the next generation of the nation, religion and the safety of the nation lie in the hands of today's teenagers. Youth are the future asset of a nation. However, nowadays there are a lot of things that happen to teenagers, one of which is juvenile delinquency where many teenagers commit fights, robberies, drugs, motorcycle gangs, quitting school, pregnancy outside marriage. Not only that, there are many teenagers who experience depression, suicide and others. Juvenile delinquency is an act that deviates from the norms in society. The purpose of this study is to find out what factors affect juvenile delinquency and what we can do as a form of countermeasure for juvenile delinquency. This study uses a method, namely Systematic Literature Review (SLR) from national and international journals regarding factors related to juvenile delinquency in Indonesia and abroad using a research design in the form of cross sectional and case control. The results obtained in this study are that the causative factors that affect juvenile delinquency are two internal factors and external factors. These two factors have a great influence on the occurrence of juvenile delinquency, these two factors are directly related to each other in adolescent individuals.

 

Abstrak

Kenakalan remaja merupakan suatu bahasan yang tidak pernah luput dari masyarkat kita. Kenakalan remaja merupakan salah satu masalah yang berdampak besar pada masa depan, karena remaja adalah generasi penerus bangsa,agama dan keselamatan bangsa terletak ditangan para remaja masa kini. Remaja merupakan asset masa depan suatu bangsa. Namun pada masa kini banyak sekali yang terjadi pada diri remaja salah satunya kenakalan remaja dimana banyak anak remaja yang melakukan perkelahian, perampokan, narkoba, genk motor, berhenti dari sekolah, kehamilan di luar pernikahan. Tidak hanya itu ada banyak remaja yang mengalami Depresi,bunuh diri dan lain-lain. Kenakalan remaja merupakan suatu tindakan yang menyimpang dari norma-norma yang ada di Masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kenakalan remaja dan apa yang dapat kita lakukan sebagai bentuk penanggulangan untuk kenakalan remaja. Penelitian ini menggunakan metode  yaitu Systematic Literature Review (SLR) berasal dari jurnal Nasional dan Internasional mengenai faktor-faktor yang berhubungan dengan Kenakalan remaja yang ada di Indonesia dan luar negeri dengan menggunakan rancangan penelitian berupa cross sectional dan case control. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini bahwa faktor penyebab yang mempengaruhi kenakalan remaja ada dua faktor internal dan faktor eksternal. Kedua faktor ini berpengaruh besar atas terjadinya kenakalan remaja, dua faktor ini saling berkesinambungan secara langsung pada individu remaja.

References

Mulyana.N,. Awaluddin, A.I,. Baskara.S,.Mulayana.R,. Danuwijaya.C., Zein.A.A,. Zein.I.F,.

Anggaraeni.D,.& Hadian.T,. (2023). PENCEGAHAN KONFLIK SOSIAL DAN

PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA. Tasikmalaya: Edu Publisher

Rahmadan,A.R. (2023). KENAKALAN REMAJA: Penguatan Peran Keluarga dan Sosial. Cibeusi: CV

Mega Press Nusantara

Antonella Bobbio, Karina Arvbach, and Santiago Redondo.2023: “Juvenile Delinquency Risk Factors:

Individu,Social, Apportunity or All Of These Together?

Fahrul.R. 2021. Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol.5.No 1

Almustari.E. 2021. Faktor-Faktor Kenakalan Remaja Di Desa Kawalo Kecamatan Taliabu

Barat Kabupaten Pulau Taliabu. Jurnal Ilmu Pendidikan v.5i2.198

Ikromova.S.A. 2023. Socio-Psychological Factors Of Behavior Formation In Adolescents. Jurnal

Technical Science 1(5) 95-76.

Onoshakpokaiye,E.O, Oboawharhe E.A. 2023. The Aftermath Implications Of Teenage Pregnancy On

The Girl Child Education. Jurnal Delta State University, Nigeria

Yunita Gihon, Yusnah.H, Saipul R. 2024. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Akhlak Remaja

Di Desa Simanuldang Jae Kecamatan Barumun Kanbupaten Padang Lawas. Jurnal Universitas

Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary. ISSN:2621-4075.

Fitri Afrita, Fadhilla.Y. 2023. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kenakalan Remaja. Jurnal

Pendidikan Vol.2-No.1

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Trianingsih, Hapsari Windayanti, Silvie Nurbaeni, Fitriyatul Munawaroh, Agustin Dwiningrum, Vidya Efliliana, Asmanah, Domingas Da Costa, & Yuni Frischila. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Kenakalan pada Remaja. Prosiding Seminar Nasional Dan CFP Kebidanan Universitas Ngudi Waluyo, 3(1), 962–969. Retrieved from https://callforpaper.unw.ac.id/index.php/semnasdancfpbidanunw/article/view/828