Kids Yoga untuk Optimalisasi Pertumbuhan dan Perkembangan Balita di TK Ra Al-Iman RT 01 Desa Langensari

Authors

  • Asma Nur Peni Universitas Ngudi Waluyo
  • Isfaizah Universitas Ngudi Waluyo
  • Farida Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

Yoga Anak, Pertumbuhan, Perkembangan

Abstract

This community service has the theme "Kids Yoga for Optimizing Growth and Development Toddlers in Kindergarten Ra Al-Iman RT 01 Langensari Village". more optimal. The implementation of this activity is planned in three stages, namely preparation, implementation, and the final stage. The implementation of this community midwifery practice was assessed by means of direct interviews, secondary data collection, and direct surveys. The preparation stage includes a series of activities from problem assessment and report preparation. The stages of implementing the activity are providing health education about kids yoga and doing kids yoga. At the last stage of implementation is to evaluate the knowledge of children under five about kids yoga. Community service activities regarding "Kids Yoga for Optimizing Growth and Development Toddlers in Ra Al-Iman Kindergarten RT 01 Langensari Village" have been carried out according to the plan prepared before the service began. This activity is considered successful, the majority of children under five after the activity can do yoga well and provide positive benefits, the children are also very enthusiastic about participating in the practice of kids yoga. The children look very happy and enthusiastic. Implementation has been carried out in the form of counseling an demonstrations as well as pre-test and post-test using video media and yoga cards.

Abstrak
Kehamilan didefinisikan sebagai fertilisasi atau penyatuan dari spermatozoa dan ovum dan dilanjutkan dengan nidasi atau implantasi. Bila dihitung dari saat fertilisasi hingga lahirnya bayi, kehamilan normal akan berlangsung dalam waktu 40 minggu atau 10 bulan atau 9 bulan menurut kalender internasional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kehamilan adalah bertemunya sel telur dan sperma di dalam atau diluar rahim dan berakhir dengan keluarnya bayi dan plasenta melalui jalan lahir.Pada trimester 2 dan 3, ibu hamil akan semakin sering merasakan keidak nyamanan, serta menjadi lebih mudah lelah dan capek. Salah satu contoh ketidaknyaman pada ibu hamil yaitu nyeri punggung. Low back pain (LBP) atau nyeri punggung bawah merupakan salah satu gangguan muskuloskletal yang disebabkan oleh aktivitas tubuh yang kurang baik Gangguan nyeri pinggang bawah dapat dialami oleh semua orang, tidak memandang tua, muda, wanita atau pria. Sebagiaan besar nyeri pinggang bawah disebabkan karena otot – otot pada pinggang kurang kuat sehingga pada saat melakukan gerakan yang kurang betul atau berada pada suatu posisi yang cukup lama dapat menimbulkan peregangan otot yang ditandai dengan rasa sakit. Berlatih yoga pada kehamilan merupakan salah satu solusi yang bermanfaat sebagai media self help yang akan mengurangi ketidaknyamanan selama hamil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil TM II dan TM III. Yang dilakukan yaitu penyuluhan dan pelatihan secara klasikal diawali pretest., kemudian dilakukan praktik yoga dengan menggunakan media leaflet, dan diakhiri posttest. Terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan ibu hamil tentang yoga setelah dilakukan pengabdian masyarakat. Dari semua kegiatan yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan yoga untuk mengurangi ketidaknyamanan pada ibu hamil TM II dan TM III berjalan lancar.

References

Al Mosawi, A. K. (2016). Bodily-Kinesthetic Intelligence and its Relation with the Classroom Environment of Kindergarten Children at the Age 0f 4-6 Years. Sciences Journal of Physical Education.

Dewi, L. K., Oktaviani, N. P. S., & Arsadi, P. E. (2020). Filsafat Ketuhanan Dalam Yoga Darsana. Vidya An: Jurnal Mahasiswa Filsafat Hindu, 1(2), 1-1.

Elliot, A. J. (2006). The Hierarchical Model of Approach-Avoidance Motivation. Motivation and Emotion, 30(2), 11-116.

Fadillah, M.( 2017). Bermain dan Permainan. Prenadamedia.

Heri. (2016). Yoga. Jakarta: Gramedia

Kaplan, L.J. (2013). The Experience of Yoga on Children with Anxiety. Master of Social Clinical Research Papers. St Catherine University. 1-55.

Katz, K., Arias, I., & Beach, S. R. H. (2000). Psychological Abuse, Self-Esteem, and Women’s Dating Relationship Outcomes: A Comparison of the Self-Verification and Self-Enhancement Perspective. Psychology of Women Quartely, 24(4), 349-357.

Lundy, A., & Trawick-Smith, J. (2021). Effects of Active Outdoor Play on Preschool Children’s on-Task Classroom Behavior. Early Chilhood Education Journal, 49(3), 463-471.

Nanthakumar, C. (2018). The Benefits of Yoga in Children. Journal of Integrative Medicine, 16(1), 14-19.

Peck, H. L., Schools, B. P., Kehle, T., Bray, M. A., & Theodore, L. A. 2005. Yoga as an Intervention for Children With Attention. 34(3).

Sim, S. L. (2015). The Playful Curriculum: Making Senese pf Purposeful in the Twenty-First-Century Preschool Classroom. Motivation, Leadership and Curriculum Design, 25-241.

Wiguna, I. B. A. A. (2021). Pelatihan Praktik Yoga Asana Untuk Meningkatkan Perkembangan Fisik Dan Motorik Anak Usia Dini. Caraka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 109-118.

Young, A.J., & Silliman-French, L. 2017. Yoga for Young Children With Down Syndrome. 31(3), 18-25.

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

Peni, A. N. ., Isfaizah, & Farida. (2022). Kids Yoga untuk Optimalisasi Pertumbuhan dan Perkembangan Balita di TK Ra Al-Iman RT 01 Desa Langensari. Prosiding Seminar Nasional Dan CFP Kebidanan Universitas Ngudi Waluyo, 1(1), 183–190. Retrieved from https://callforpaper.unw.ac.id/index.php/semnasdancfpbidanunw/article/view/84