Yoga Anak untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Authors

  • Dwi Trisnawati Universitas Ngudi Waluyo
  • Eti Salafas Universitas Ngudi Waluyo
  • Ita Purnamasari Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

Toddler, Children'slearning Concentration, Children'sYoga, Parents

Abstract

Childhood is a sensitive period. At this time, all aspects of a child's development will become the basis for further development. At present, children tend to be dependent on playing gadgets which have a negative impact on children's growth and development, one of which can decrease children's learning concentration. This requires a stimulus from the environment to support optimal development, namely through a good parenting pattern. One of the things that can be done is stimulating children's yoga. This community service aims to increase the concentration of children's learning with yoga and increase parents' knowledge about the dangers of gadgets. The method used in the implementation of community service is carried out directly by providing counseling about the dangers of gadgets and simulating children's yoga movements. For secondary data collection door to door then determine the problem, priority problems, implementation and evaluation of activities. The location of the activity is in the fish market building RT 02 RW 05 Langensari on 27 May 2022 at 16.00 WIB. The media used in this activity are leaflets and posters. It was found that 4 (100%) parents of children under five knew various yoga movements and had applied yoga movements to their children at home. Then from the results of the evaluation, it was also found that for all Baliat 4 (100%) there was a change in children's behavior in using gadgets which had decreased and children's concentration in learning increased. Parents of toddlers already know and apply ways to increase children's learning concentration by doing children's yoga.

Abstrak
Masa kanak-kanak adalah masa sensitif. Pada masa ini,seluruh aspek perkembangan anak yang nantinya menjadi dasar bagi perkembangan selanjutnya. Pada masa sekarang Anak-anak cendrung ketergantungan bermain gadget yang menyebabkan dampak negatif pada pertumbuahan dan perkembangan anak, salah satunya dapat menurunya konsentrasi belajar anak. Hal ini diperlukan stimulus dari lingkungan untuk mendukung perkembangannya secara optimal, yaitu melalui pola gasuhan yang baik salah satu yang dapat dilakukan yaitu mestimulasi yoga anak. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak dengan yoga serta menambah pengetahuan orang tua tentang bahaya gadget. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilakukan secara langsung dengan memberikan penyuluhan tentang bahaya gadget dan simulasi gerakan yoga anak. Untuk pengambilan data sekunder secara door to door kemudian menentukan masalah, prioritas masalah, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. Lokasi pelaksanaan kegiatan di gedung pasar ikan RT 02 RW 05 Langensari pada tanggal 27 Mei 2022 pukul 16.00 WIB. Media yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu leaflet dan poster. Didapatkan 4 (100%) orang tua balita telah mengetahui macam-macam gerakan yoga anak dan telah menerapkan gerakan yoga kepada anaknya dirumah. Kemudian dari hasil evaluasi juga didapatkan Semua Baliat 4 (100%) adanya perubahan perilaku anak dalam penggunaan gadget yang sudah berkurang dan meningkatnya konsentrasi anak dalam belajar. Orang tua balita sudah mengetahui dan menerapkan cara untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak dengan melakukan yoga anak.

References

ahra, A., Afifah, C., dkk. (2019). Peran Pendidikan Keluarga Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional & Call paper psikologi Pendidikan 2019, Fakultas pendidikan Psikologi, Aula C1.

Handayani, L., Chayanita & Kusuma, M. (2020). Edukasi Pola Asuh Dan Bahaya Penggunaan Gadget. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat UBB, Vol. 7 No.1 September 2020.

Husnul, C. (2017). Pengaruh Terapi Yoga Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa 91 SMPN 25 Kelas VII-VIII Malang. Undergraduate (S1) Thesis, University Of Muhammadiyah Malang.

Komitor, J.B & Adamson, E. (2015). The Complete Idiot’s Guide to Yoga with Kids. USA: Alpha Books.

Rakhmawati, D., Ismah, I & Lestari, F. W. (2020). Sosialisasi Bahaya Kecanduan Gadget. Altruis: Journal of Community Services, 1(3), 159-164. https://doi.org/10.22219/altruis.v1i3.12926

Roza E., Kamayani M & PH Gunawan. (2018). Pelatihan Memantau Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal SOLMA, 7(2), 208-214. Doi: http://dx.doi.org/10.29405/solma.v7i2.1062.

Sahasi, G. (2015). A Replicated Study on he Effect of Yoga on Cognitive Functions. Indian Psychological Review, 27 (1-4), 33-35.

Sahriana, Nananng. (2019). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Jurnal Smart PAUD. Vol. 2, No.1, Januari 2019.

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

Trisnawati, D. ., Salafas, E. ., & Purnamasari, I. . (2022). Yoga Anak untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar. Prosiding Seminar Nasional Dan CFP Kebidanan Universitas Ngudi Waluyo, 1(1), 199–204. Retrieved from https://callforpaper.unw.ac.id/index.php/semnasdancfpbidanunw/article/view/87