Yoga pada Anak untuk Edukasi di TK Wahyu Desa Langen Sari

Authors

  • Atika Budiarti Universitas Ngudi Waluyo
  • Valentina Brigita Dewi Universitas Ngudi Waluyo
  • Indri Wulandari Ningsih Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

Yoga Pada Anak, Pengabdian Masyarakat.

Abstract

Introduction One of the main reasons why children find it difficult to concentrate while studying is because they are not interested or don't like the material being studied and the methods used. Yoga or meditation is one of the alternative methods currently used in the West and Indonesia. Yoga can be used as a way to help children communicate their ideas and feelings when the abstract reasoning and verbal skills needed to articulate their feelings, thoughts, and behaviors are not yet optimally developed. Yoga has benefits for improving physical abilities, reducing stress, increasing cognitive abilities, very good in reducing aggression, negative behavior, fear, and feelings of helplessness. Yoga is also useful for stimulating gross motor skills so that children can get good growth and development. Method This community service method is carried out in 3 stages, namely preparation, implementation, and evaluation of activities. This service aims to socialize the benefits of yoga for children, and to practice yoga with children. The population of this service is Wahyu Kindergarten students, totaling 29 children. This activity is carried out face to face.

Abstrak
Pendahuluan Salah satu alasan utama mengapa anak sulit konsentrasi saat belajar adalah karena ia tidak tertarik atau tidak suka dengan materi yang dipelajari serta metode yang digunakan. Yoga atau meditasi menjadi salah satu cara alternatif yang saat ini digunakan di Dunia Barat dan Indonesia. Yoga dapat digunakan sebagai cara untuk membantu anak dalam mengkomunikasikan ide dan perasaannya mereka ketika penalaran abstrak dan kemampuan verbal yang dibutuhkan untuk mengartikulasi perasaan, pikiran, dan perilaku mereka belum berkembang secara optimal. Yoga memiliki manfaat untuk meningkatkan kemampuan fisik, menurunkan stress, meningkatkan kemampuan kognitif, sangat baik dalam menurunkan agresi, prilaku negatif, ketakutan, dan perasaan tidak berdaya. Yoga juga bermanfaat untuk menstimulasi motorik kasar sehingga anak dapat memperoleh tumbuh kembang yang baik. Pengabdian masyarakat ini di lakukan dengan 3 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. pengabdian ini bertujuan untuk mensosialisasikan manfaat yoga bagi anak- anak, dan mempraktikkan yoga bersama anak-anak. Populasi dari pengabdian ini adalah siswa TK Wahyu yang berjumlah 29 anak. Kegiatan ini dilakukan secara tatap muka.

References

Heri, (2016). Yoga. Jakarta: Gramedia

Kgiora Sri Dewi, Buku Panduan Pelatihan Yoga Anak, Denpasar Bali

Reni, dkk. (2018). Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Usia 4-5 tahun Dengan Yoga Anak di TK Alhamdulillah Kasihan Bantul. FK UNJAYA.

Downloads

Published

2022-07-13

How to Cite

Budiarti, A. ., Dewi, V. B. ., & Ningsih, I. W. . (2022). Yoga pada Anak untuk Edukasi di TK Wahyu Desa Langen Sari. Prosiding Seminar Nasional Dan CFP Kebidanan Universitas Ngudi Waluyo, 1(1), 236–240. Retrieved from https://callforpaper.unw.ac.id/index.php/semnasdancfpbidanunw/article/view/92