Pelaksanaan Pemberdayaan Masyarakat RT 08 RW 05 di Kelurahan Langensari Kabupaten Semarang

Authors

  • Mardianti Rombebua Siampa Universitas Ngudi Waluyo
  • Kartika Sari Universitas Ngudi Waluyo
  • Fransiska Sunarti Universitas Ngudi Waluyo

Keywords:

Posyandu, Lansia dan Balita

Abstract

This field work practice is an application of our theory that we got on campus in the field of community midwifery, so that later it can produce skilled, competent midwives according to their duties, roles and responsibilities as midwives. students are able to identify, plan, prioritize, implement, and evaluate the management of community midwifery services with community movement and empowerment techniques and educational approaches to individuals, families, special groups or in certain communities in achieving the SDG's.The implementation of this community midwifery practice was assessed by means of direct interviews, secondary data collection, and direct surveys. Elderly can participate in Elderly Posyandu activities regularly, Elderly can participate in elderly gymnastics activities well, Elderly can find out about the results of blood pressure and blood sugar examinations, Elderly are very enthusiastic in counseling activities. Then it was found that toddlers can get vitamin A on time and according to their age and toddlers can follow the toddler posyandu regularly.In an assessment conducted at RT.08/RW.05, it was found that the problems that occurred were the lack of participation of the elderly in the Posyandu activities for the elderly, the lack of knowledge of the elderly in overcoming insomnia, the lack of participation of children under five in participating in the Posyandu for toddlers and lack of knowledge about the importance of giving vitamin A to toddlers. Implementation has been carried out in the form of counseling, simulation and education using leaflets and video media.

Abstrak
Praktik kerja lapangan ini merupakan aplikasi dari teori kami yang kami dapatkan dikampus dalam bidang kebidanan komunitas, sehingga nantinya dapat menghasilkan bidan yang terampil, berkompeten sesuai dengan tugas, peran dan tanggung jawab sebagai bidan. mahasiswa mampu mengidentifikasi, merencanakan, memprioritaskan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi manajement pelayanan kebidanan komunitas dengan teknik pergerakan dan pemberdayaan masyarakat serta pendekatan edukasi pada individu, keluarga, kelompok khusus ataupun pada komunitas tertentu dalam mencapai SDG’s. Pelaksanaan praktik kebidanan komunitas ini pengkajian dilakukan dengan cara wawancara langsung, pengambilan data sekunder, survei secara langsung. Lansia dapata ikut serta dalam kegiatan Posyandu Lansia dengan rutin, Lansia dapat mengikuti kegiatan senam lansia dengan baik, Lansia dapat mengetahui tentang hasil pemeriksaan tekanan darah dan gula darah, Lansia sangat antusias dalam kegiatan penyuluhan. Kemudian didapatkan pada Balita dapat memperoleh vitamin A tepat waktu dan sesuai dengan usianya dan balita dapat mengikuti posyandu balita secara rutin. Pada pengkajian yang dilakukan di RT.08/ RW.05 ditemukan masalah yang terjadi yaitu Kurangnya partisipasi lansia dalam kegiatan posyandu lansia, Kurangnya pengetahuan lansia dalam mengatasi gangguan sulit tidur (insomnia), kurangnya partisipasi balita dalam mengikuti posyandu balita dan kurangnya pengetahuan tentang pentingnya pemberian vitamin A pada balita. Sudah dilakukan implementasi berupa penyuluhan, simulasi dan edukasi menggunakan media leaflet dan video.

References

Aulia, M., Rahmiwati, A., Sitorus, R.J. (2017). Hubungan Status Gizi Terhadap Kualitas Hidup Lansia Di Panti Sosial Tresna Werdha Warga Tama Indralaya. Jurnal Ilmu Kesehatan Masryarakat. 8(3) : 208-213

Ismawati, C. (2010). Posyandu Dan Desa Siaga Panduan Untuk Bidan Dan Kader.Yogyakarta : Nuha Medika.

Kementrian kesehatan RI. (2012). Ayo Keposyandu Setiap Bulan Posyandu Menjaga Anak dan Ibu tetap sehat. Pusat Promosi Kesehatan.

Mubarak. (2014). Ilmu Kesehatan Masyarakat, Konsep, dan Aplikasi dalam Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika.

Ramadhani, R.F. (2014). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu dan Upaya Kepatuhan Pemberian Vitamin A Pada Balita diPuskesmas Wirobrajan Yogyakarta Tahun 2014.

Runjati. (2010). “Asuhan Kebidanan Komunitas”. Jakarta: EGC.

Downloads

Published

2022-07-13

How to Cite

Siampa, M. R. ., Sari, K. ., & Sunarti, F. . (2022). Pelaksanaan Pemberdayaan Masyarakat RT 08 RW 05 di Kelurahan Langensari Kabupaten Semarang. Prosiding Seminar Nasional Dan CFP Kebidanan Universitas Ngudi Waluyo, 1(1), 124–130. Retrieved from https://callforpaper.unw.ac.id/index.php/semnasdancfpbidanunw/article/view/97